Ini Bukti Penghina Polisi Dimedsos Yang Terancam 6 Tahun Penjara

Post On: 21 July 2017
July 21, 2017

Ini Bukti Penghina Polisi Dimedsos Yang Terancam 6 Tahun Penjara

Mulutmu harimaumu, dua kalimat itu emang simple banget buat diucapkan, tapi kayanya nggak buat dilakukan.

Ini Bukti Penghina Polisi Dimedsos Yang Terancam 6 Tahun Penjara

Ini Bukti Penghina Polisi Dimedsos Yang Terancam 6 Tahun Penjara

Agen Domino Terpercaya – Ini Bukti Penghina Polisi Dimedsos Yang Terancam 6 Tahun Penjara – Menjaga kata-kata yang keluar dari mulut kita ternyata nggak mudah, apalagi dalam konteks mengeluarkan kata-kata di dunia maya alias berkomentar di media sosial harusnya nggak sembarangan. Salah-salah komentar, bisa jadi masalah.

Salah satu kasus yang lagi viral baru-baru ini bisa kita jadiin contoh. Seorang remaja pelajar kelas 1 SMA di Yogyakarta harus berurusan dengan hukum gara-gara memaki dan menghina polisi di Facebook. Tersangka berinisial MHB alias Ganjoel, warga Warungboto, Umbulharjo, Yogyakarta, diketahui mengumpat jajaran kepolisian dengan kata-kata yang nggak pantas. Ganjoel menulis status penghinaan terhadap polisi pada 27 Juni pukul 00.05 WIB. Tulisan tersebut diketahui oleh tim Humas Polda DIY yang langsung menghubungi anak itu melalui messenger Facebook.

Baca Juga : Begini Nasib Model Cantik Kalimantan Yang Buta Karena Softlens

Agen Domino – Namun bukan penjelasan yang didapat kepolisian, “ABG labil” ini justru tetap mengeluarkan kata-kata kasar. “Melihat postingan ini kami telah mencoba menanyakan secara langsung melalui messenger facebook. Tetapi justru jawaban kurang pantas dan tetap kata-kata makian yang disampaikan,” jelas Kabid Humas Polda DIY, AKBP Yulianto, Rabu (19/7). Dari penelusuran kepolisian, ia mengunggah status itu di sebuah warnet di daerah Janturan, Yogyakarta. Polisi nggak tinggal diam, mereka pun mencari keberadaan Ganjoel.

Akhirnya Senin (17/7) kemarin, Polresta Yogyakarta menerjunkan anggotanya untuk mendatangi rumah Ganjoel. Menurut Kasat Reskrim Polresta Yogyakarta Kompol Akbar Bantilan mengatakan, meskipun di bawah umur, proses hukum terhadap MHB alias Ganjoel tetap berjalan.

Agen Domino Online – Ia telah dilakukan pemeriksaan dengan melibatkan orangtua, Bapas, dan Lembaga Perlindungan Anak. Kini, polisi telah menetapkan Ganjoel sebagai tersangka. “Karena masih di bawah umur, nggak dilakukan penahanan dan wajib lapor. Tapi proses hukum terus berjalan. Dalam kasus ini kami menerapkan Undang-undang ITE,” terang Akbar Bantilan.

Ganjoel dijerat dengan pasal 27 ayat 3, 28 ayat 2, dan pasal 45 Undang-undang ITE. Adapun pasal 27 ayat 3 berisi tentang muatan penghinaan atau pencemaran nama baik, dengan ancaman hukuman enam tahun penjara atau denda Rp 1 miliar. Pasal 28 sebagaimana diatur dalam pasal 45 memuat tentang penyebar kebencian di jejering sosial, dan memiliki ancaman yang sama, yakni enam tahun penjara atau denda Rp 1 miliar. Nah, masih untung si Ganjoel ini nggak sampai ditahan dan hanya diharuskan wajib lapor. Ada yang masih suka komentar sembarangan dan mengumbar kata-kata kasar di media sosial? Pikir lagi deh, daripada alami kejadian seperti ini.

Sumber : Kiosdomino.com

Share


Download dan Install Aplikasi Android & IOS Game Poker Online Indonesia KLIKDISINI

Artikel Terkait :

Tags: , ,